Didampingi Kasdam I/BB, Edy Rahmayadi Pimpin Pelebaran Sungai Badera

Editor: susilo author photo
Bagikan:
Komentar

PENGAWAL | MEDAN – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) untuk percepatan penanganan banjir di Kota Medan dan sekitarnya. Di antaranya normalisasi Sungai Bedera.

Proyek ini ditandai dengan dilaksanakannya Groundbreaking Pelebaran Alur Sungai Badera, di pelataran Bumi Asri, Jalan Asrama, Medan, Selasa (20/8/2019). Edy Rahmayadi memimpin langsung groundbreaking pelebaran sungai sepanjang 3500 meter itu. Didampingi Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto, Edy Rahmayadi ikut menaiki eskavator dan memandu operator untuk meratakan pepohonan dan bangunan yang berada di bantaran Sungai Badera.

Turut hadir Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Wakil Bupati Deliserdang Ali Yusuf Siregar, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II Roy P Pardede, Dandim 0201/BS Kol. Inf Roy Hansen J Sinaga, perwakilan Kejati Sumut, para camat dan lurah.


Sungai Badera bermuara di Sunggal, hilirnya ke Sungai Belawan. Termasuk ke dalam kewenangan BWS II Sumatera. Topografi kemiringan dasar sungai saat ini sangat kecil akibat dari sedimentasi.

Normalisasi sungai yang dimulai dari Jalan Gatot Subroto ditargetkan rampung akhir tahun 2019. Setelah dilakukan pelebaran, lebar Sungai Badera yang saat ini rata-rata hanya 2 meter, ditargetkan menjadi 8 meter, dan jalur hijau 4 meter di sisi kanan dan kiri sungai. Masyarakat yang terkena dampak pelebaran sungai akan diberi tali asih dengan jumlah yang akan ditentukan oleh Pemprov Sumut.

Gubernur mengatakan pelebaran sungai untuk kepentingan masyarakat banyak. Karena, jika hujan sebentar saja, Kota Medan akan banjir. Begitu banjir, akan ada kerugian sebesar ratusan juta hingga miliaran rupiah.

“Ada keperluan, ada kerugian, ayo kita diskusikan, mau ngomong sama saya kapan pun saya siap, yang penting sungai ini bersih semuanya,” kata Gubernur, ketika berdialog kepada masyarakat yang hadir.


Gubernur menginginkan komunikasi dari hati ke hati kepada masyarakat. Ia tidak mau menyengsarakan rakyat. Lantaran cita-citanya menjadi Gubernur hanyalah untuk mensejahterakan rakyatnya.

Kota Medan memiliki 5 sungai. Di antaranya Sungai Badera, Sungai Sikambing, Sungai Percut, Sungai Deli, dan Sungai Babura. Hal itu menurut Gubernur adalah anugerah Tuhan. “Sungai berfungsi mensejahterakan manusia, karena itu sungai harus dibenahi dari sekarang,” katanya.

Tidak hanya itu, Gubernur juga mengimbau masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di sungai. Menurutnya Sungai adalah tanggungjawab semua masyarakat tanpa kecuali.

Sementara itu, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution mengatakan akan duduk bersama jika ada masyarakat yang mengaku memiliki sertifikat yang sah. Selain itu juga akan dilakukan pengukuran ulang bersama beberapa pihak termasuk Badan Pertanahan Nasional, Pemko Medan, dan pihak terkait. Hal tersebut dilakukan lantaran sudah ada dalam aturan tata ruang Kota Medan.


Kata Akhyar, untuk normalisasi sungai berikutnya akan menyusul. Jika berhasil, dampak pelebaran tersebut akan bermanfaat bagi banyak orang. “Kota Medan menikmatinya seluruh, minimal wilayah sini tidak akan banjir lagi, tak terhitung itu manfaatnya,” kata Akhyar.

Masyarakat Perumahan Bumi Asri Syafrudin mengatakan pelebaran tersebut merupakan langkah yang baik. Selama ini mereka terkena banjir jika hujan deras. Berdasarkan keterangan Syafrudin, banjir di perumahan tersebut bisa mencapai lutut. “Ya bagus, artinya nanti ke depan tidak banjir lagi,” kata Syafrudin.

Normalisasi Sei Badera ini merupakan kerja sama antara BWS Sumatera II, Kodam I/BB, Polda Sumut, Pemprov Sumut, Pemko Medan, dan Pemkab Deliserdang.
   
Program normalisasi Sei Badera ini mengangkat tema "Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi? Kalau Bukan Sekarang, Kapan Lagi? Ayo Jaga Sungai Kita, Demi Masa Depan Anak Cucu Kita". (sus/rel)
Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini