Sampaikan Pesan Wasbang ke Siswa PKL, Babinsa Koramil 07/PB Tekankan Pentingnya Jaga Persatuan

Editor: susilo author photo
Bagikan:
Komentar
Kopda Misriyono personel Babinsa Koramil 07/PB Kodim 0204/DS sedang memberikan materi Wasbang kepada siswa PKL di Desa Sei Buluh, Kecamatan Perbaungan.

PENGAWAL | PERBAUNGAN - Mengemban tugas sebagai seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa), tidaklah mudah. Seorang Babinsa harus bisa memanfaatkan peluang untuk menyampaikan pesan-pesan kebangsaan.

Umumnya, para Babinsa memanfaatkan lokasi-lokasi ramai di mana warga sering melakukan interaksi, seperti rumah ibadah dan warung-warung kopi. Namun hal itu belum cukup. Babinsa harus jeli melihat setiap peluang sehingga pesan-pesan yang ingin disampaikan efektif dan tepat sasaran.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 07/PB jajaran Kodim 0204/DS Kopda Misriyono. Ia memanfaatkan pelajar SMA Musda yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Desa Sei Buluh, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (12/8/2019).

Bagi Kopda Misriyono setiap kesempatan dan peluang harus dimanfaatkan. Kepada para siswa, ia menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan seperti pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan.

Pada kesempatan itu, Kopda Misriyono memaparkan tentang wawasan kebangsaan dan kaitannya dengan perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Pada masa awal, ujar Kopda Misriyono, bangsa Indonesia berjuang sendiri-sendiri dalam melawan penjajah Belanda.

"Namun perjuangan itu tak memberi dampak maksimal, sehingga timbullah kesadaran untuk bersatu dalam melawan penjajah. Persatuan dan kesatuan ternyata berhasil memproklamirkan kemerdekaan Indonesia," ujarnya.

Untuk itu, Kopda Misriyono berharap, agar generasi muda tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang telah diperjuangkan dan dipersembahkan oleh para pahlawan kepada generasi masa kini.

"Sekarang NKRI menjadi tanggungjawab kita. Untuk mempertahankannya, kita harus bersatu dan jangan terpecah belah," pungkasnya. (Siterdim 0204/DS)

Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini