Demo ke Balai Kota, PMS Tuntut Plt Walikota Medan Cabut SK Pemecatan Rusdi dari Jabatan Dirut PD Pasar

Editor: susilo author photo
Bagikan:
Komentar
Salah satu orator PMS saat menyampaikan orasi di depan kantor Walikota Medan. 

PENGAWAL | MEDAN - Ratusan massa ormas Pemuda Merga Silima (PMS) melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Balai Kota Medan, Kamis (22/1/2020). Mereka mendesak agar Plt Walikota Medan mencabut SK Pemecatan Rusdi Sinuraya dari jabatan Dirut PD Pasar Kota Medan.

Dalam orasinya, Ketua Satgas PMS, Martin Bangun mengatakan, PMS merupakan payung suku Karo di seluruh NKRI yang memiliki visi dan misi cinta perdamaian. Namun pencopotan Rusdi dari jabatan Dirut PD Pasar Kota Medan sarat dengan kepentingan dan tidak mengindahkan hukum serta Perda yang berlaku di Kota Medan.

PMS, ujar Martin, melihat pemecatan itu sebagai bentuk penzoliman terhadap Rusdi Sinuraya. "Oleh karena itu, kami masyarakat Karo dan Pemuda Merga Silima melakukan aksi solidaritas dan keprihatinan kepada putra Karo Medan, Rusdi Sinuraya dan jajaran direksi PD Pasar yang dizolimi oleh Plt. Walikota Medan karena mengeluarkan kebijakan yang tidak tepat berdasarkan UU yang berlaku di NKRI," ujar Martin.

Untuk itu PMS menuntut agar Plt Walikota Medan memberikan penjelasan kepada publik terkait alasan pemecatan Dirut PD Pasar Kota Medan dan jajaran direksi dengan jelas dan terperinci sesuai UU yang berlaku.

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution, ujar Martin, telah melakukan penyalahgunaan wewenang jabatan dan telah melanggar UU No. 10 Tahun 2014.


"Untuk itu kami minta Akhyar Nasution sebagai Plt Walikota Medan mencabut SK Petikan pemecatan dengan tidak hormat Dirut PD Pasar Kota Medan dan jajaran direksi serta mengembalikan posisi jabat Dirut kepada Rusdi Sinuraya sebagai mana mestinya," ujar Martin.

PMS juga menilai keputusan yang dikeluarkan oleh Plt Walikota Medan cenderung bermuatan kepentingan yang sangat kental untuk memojokkan dan menjatuhkan harkat dan martabat masyarakat Karo di tengah-tengah keberagaman yang sudah terbina di Kota Medan yang didirikan oleh putra Karo, Guru Patimpus Sembiring Pelawi.

"Masyarakat Karo merasa tersakiti atas apa yang menimpa Rusdi Sinuraya sebagai salah satu putra Karo Medan yang telah mengabdi dan menorehkan prestasi sebagai Dirut PD Pasar Kota Medan," kata Martin lagi.

Rusdi Sunuraya merupakan putra Karo yang telah mengabdi dan berkorban untuk memajukan PD Pasar Medan. Buktinya, ujar Martin, Rusdi dan jajaran direksi berhasil menaikan PAD dari PD Pasat, berhasil menaikkan label pasar di Kota Medan dengan perolehan sertifikat SNI. "Keberhasilan memperoleh sertifikat SNI ini merupakan satu-satunya di Sumatera Utara. Selain itu bersama jajarannya, Rusdi Sinuraya juga telah berhasil menyelesaikan persoalan-persoalan pasar di Medan melalui program Pasar Rumah Pedagang," ujar Martin.

 Aksi ratusan massa tersebut berlangsung aman dan lancar. Selain melakukan orasi  sebagian massa pendemo membantu aparat kepolisian mengatur arus lalulintas, sehingga tidak sampai menimbulkan kemacetan.

Sekitar dua jam melakukan aksi, maasa membubarkan diri dengan tertib. (Sus)
Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini