Sosialisasi Terpusat Secara Virtual Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad), Kasdam I/BB Gelar Vidcon Dengan Aster Kasad

Editor: Tim Redaksi author photo
Bagikan:
Komentar

PENGAWAL | MEDAN – Kepala Staf Kodam (Kasdam I/BB) menerima sosialisasi terpusat secara virtual pembentukan Komponen  Cadangan (Komcad) Mitra Darat Tahun 2020. Acara digelar di ruang Vidcon Puskodalopsdam I/BB Lt IV Makodam I/BB pada Jumat, (7/8/2020) pagi.

Pada vidcon tersebut Kasdam I/BB didampingi oleh beberapa PJU menerima sosialisasi yang disampaikan oleh Aster Kasad Mayjen TNI Nurchahyanto.


Aster Kasad menyampaikan untuk menghadapi perkembangan ancaman yang makin beragam, Indonesia perlu menata kembali kekuatannya. Dalam konteks pertahanan negara, permasalahan ini tidak cukup ditangani hanya dari aspek kekuatan utama militer saja. Untuk membangun ketahanan nasional setidaknya ada tiga pilar yang harus saling terkait yaitu Pemerintahan, Rakyat, dan Militer.

“Ketiganya dijalin dalam simpul untuk memperkuat sebuah Negara. Pemerintah dengan rakyat diikat dengan simpul ideology. Ideologi adalah sebuah harapan yang dibangun bersama secara sadar,” ujarnya.


Yaitu dengan memberikan kemampuan melalui pendidikan dan latihan agar dapat melaksanakan tugas pertahanan negara atau yang disebut Bela Negara. Mengintegrasikan kekuatan pengganda yang berasal dari komponen cadangan dan komponen pendukung ke dalam organisasi kekuatan pertahanan negara.

"Untuk itu keberadaan Komando Daerah Militer sebagai bagian dari kekuatan TNI AD yang berperan dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi Kemhan, terutama dalam menyiapkan komponen cadangan di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya," tutup Aster Kasad. (Sumber : Pendam I/BB)
Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini