Walikota: Kinerja Camat Harus Tertata, Punya Target Jelas dan Hasilnya Dapat Dirasakan Warga

Editor: Tim Redaksi author photo
Bagikan:
Komentar

PENGAWAL | MEDAN - Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., mengapresiasi kinerja camat yang dalam kurun waktu kurang dari dua bulan ini telah menunjukkan kinerja yang baik. Diharapkan para camat yang merupakan ujung tombak Pemko Medan terus meningkatkan kinerja secara tertata, memiliki target jelas dan dapat dirasakan masyarakat hasilnya. 

"Salah satu yang menjadi fokus kita adalah kebersihan. Setiap camat harus punya data dan target yang jelas berapa kilometer per hari saluran drainase yang bisa kita bersihkan? Jadi kelihatan progresnya per hari," ujar Walikota saat memberikan arahan dalam kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Camat se-Kota Medan, Rabu (14/4/2021) di Ruang Rapat I, kantor Walikota.

Walikota ingin agar masyarakat bisa tahu dan merasakan hasil kerja kecamatan. Hal ini, menurut Walikota, dapat melahirkan dukungan masyarakat.

Pada saat itu, Walikota didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan, Khairul Syahnan, mengingatkan agar camat tidak perlu ragu untuk berkoordinasi dengan OPD terkait untuk lebih memaksimalkan hasil pekerjaan.

Menurut Walikota, kecamatan juga dapat memberikan kontribusi yang baik dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

"Mari kita gotong royong tingkatkan PAD. Camat bisa menugaskan kepala lingkungan untuk mendata bangunan atau rumah yang tidak sesuai dengan izinnya," ujar Walikota seraya mengatakan, akan dibuat aturan tentang insentif para kepling untuk kerja pendataan ini.

Dalam kegiatan yang juga diikuti Kabag Tapem Setdako Medan, Rasyid Ridho itu, Walikota juga memberikan kesempatan kepada para camat untuk menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi di lapangan.

Camat Medan Baru, Ilyan Chandra Simbolon, menyampaikan keluhan masyarakat tentang masih lama dan bertele-telenya pengurusan Izin Mendirikan Bangunan. Menanggapi ini, Walikota mengatakan untuk pengurusan IMB akan sepenuhnya ditangani oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Hal ini diharapkan dalam memangkas birokrasi sekaligus memberikan pelayanan maksimal pada warga yang ingin mengurus IMB.

Walikota menambahkan, camat bisa juga membantu menyosialisasikan dan membantu warga secara langsung untuk mengurus perizinan ke Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Dalam kesempatan itu, beberapa camat juga menyampaikan agar Pemko mengusulkan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional agar memperbaiki saluran pembuangan air agar tidak menimbulkan masalah banjir di beberapa lokasi, antara lain di Jalan Ngumbang Surbakti Medan Selayang, Simpang Tritura - Flyover Sisingamangaraja, juga Jalan Yos Sudarso, Medan Deli.

Walikota mencatat semua permohonan para Camat ini dan mengatakan dalam waktu dekat akan menyampaikannya langsung kepada pihak terkait. (sus)

Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini