Manfaatkan Lahan Kosong, DPD APEDI Sumut Tanam Ubi Kayu di Deliserdang

Editor: susilo author photo
Bagikan:
Komentar

Ketua DPD APEDI Sumut H Ruslan SH di tengah kebun ubi hasil budidaya APEDI Sumut di Deliserdang.
PENGAWAL | DELISERDANG - Untuk memanfaatkan lahan tidur yang banyak terjadi di Kabupaten Deliserdang DPD Asosiasi Pengasaha Desa Indonesia (APEDI) Sumatera Utara melakukan penanaman ubi kayu.

Program pemanfaatan lahan kosong dengan menanam ubi kayu ini, selain untuk memberdayakan anggota APEDI juga untuk meningkatkan perekonomian warga.

Hal itu dikatakan Ketua DPD APEDI Sumut H Ruslan SH kepada wartawan, Minggu (22/5/2022). "Program awal ini kita mulai dari daerah Deliserdang, karena banyak lahan tidur di kabupaten ini. Mudah-mudahan program ini bisa terus berlanjut dan menjadi proyek percontohan untuk diterapkan di derah-daerah lainnya," ujar H. Ruslan.

Ke depan, lanjut Ruslan, tidak hanya melakukan penanaman ubi, tapi juga komoditas-komoditas lainnya yang memiliki nilai jual tinggi dan gampang untuk dibudidayakan. Seperti peternakan, perikanan dan komoditas lainnya.

"Melalui program ini, kita juga berupaya untuk melahirkan pengusaha-pengusaha desa, terutama di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan," ujarnya.

Untuk mewujudkan upaya itu, DPD APEDI Sumut akan merangkul semua pengusaha desa, ormas dan pihak swasta maupun BUMN untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi dalam meningkatkan perekonomian desa," pungkas H Ruslan yang juga Ketua Umum PB Pendawa, DPD FKBNI dan DPD Dewisnu Sumut. (sus)

Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini