Gereja Santu Andreas Lasiana Kupang Rayakan Misa Kamis Suci

Editor: Devis Karmoy author photo
Bagikan:
Komentar
Paus Fransiskus saat memimpin Misa pada Kamis Suci di Basilika Santo Petrus di Vatikan, 18 April 2019
 

PENGAWAL.ID | KUPANG - Umat Katolik sedunia hari ini merayakan misa Kamis Putih. Itu merupakan rangkaian Tri Suci yang diadakan sebelum Paskah di Gereja, yaitu Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci.

Hal serupa juga yang dirayakan ribuan umat di Kuasi Santu Andreas Lasiana Keuskupan Agung Kupang Nusa Tenggara Timur bersama Romo Louis Monteiro, Kamis (18/4/19) malam.

Kamis putih yang juga dikenal peristiwa memperingati kejadian dua ribuan tahun lalu ketika Yesus melakukan perjamuan malam terakhir bersama para murid-Nya sebelum menjalani masa sengsara menuju Bukit Golgota.

Ritual perjamuan malam ini juga pada setiap misa, diperingati sebagai perayaan Ekaristi atau Perjamuan Kudus, mengenang Yesus memberikan Tubuh dan Darahnya, berupa Roti dan Anggur kepada murid-murid Yesus.

Sedangkan pada misa malam ini, Pastur juga mencuci kaki umat, sebagaimana ketika Yesus mencuci kaki para muridnya dalam pertemuan terakhir, saat pelayanan Yesus di dunia sebelum kematian-Nya.

Setelah itu, Ekaristi diarak masuk dalam gereja kemudian dilakukan Adorasi secara bergantian hingga pagi hari sebagai bentuk penjagaan dan doa sebelum Yesus ditangkap dan disiksa hingga wafat di kayu salip demi menebus dosa umatNya.

Untuk diketahui, besok, Jumat Agung adalah peristiwa iman katolik, umat akan menyaksikan dimana Yesus akan ditanggap, disiksa dan digiring ke Golgota tempat dimana diriNya akan disalipkan hingga menghembus nafas terakhir. (danil)
Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini