GM GKT Dukung Pelaksanaan KPI November 2019

Editor: Redaksi author photo
Bagikan:
Komentar
Sekretaris DPD SPRI Provinsi Sumatera Utara, Otti Batubara saat memberikan keterangan kepada wartawan di Keude Kupie Uleekareng & Gayo di Jalan AH Nasution, Kota Medan, Senin (30/9/2019) | foto Pengawal.id

PENGAWAL | MEDAN – Kemah Pers Indonesia (KPI) yang digagas Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD SPRI) Provinsi Sumatera Utara saat ini memasuki tahap penetapan waktu pelaksanaan serta pendaftaran peserta Kemah Pers Indonesia.

Kemah Pers Indonesia yang akan melibatkan unsur jurnalis, pemimpin redaksi dan pemimpin perusahaan media cetak, online dan elektronik dari seluruh Indonesia ini sebelumnya direncanakan pada akhir Oktober 2019, namun Tim Pelaksana memutuskan KPI dilaksanakan pada 14-16 November 2019. Hal tersebut sebagaimana telah diputuskan dalam rapat Tim Pelaksana KPI akhir pekan lalu.

Sekretaris DPD SPRI Sumut Otti Batubara menyebutkan pihaknya telah menetapkan waktu pelaksanaan KPI. Menurut Otti Batubara, Kemah Pers Indonesia akan dilaksanakan selama tiga hari dengan memilih lokasi di Taman (Geosite) Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai titik kumpul para peserta.

“Kami telah menetapkan waktu pelaksanaan Kemah Pers Indonesia selama tiga hari tiga malam, dari tanggal 14 hingga 16 November 2019, yang berpusat di Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan), kata Sekretaris DPD SPRI Sumut usai melaksanakan rapat persiapan pelaksanaan KPI di Keude Kupie Uleekareng & Gayo di Jalan AH Nasution, Kota Medan, Senin (30/9/2019).

Ketua DPD SPRI Sumut Devis Karmoy (tengah berbaju biru), Bendahara DPD SPRI Sumut Monang Sitohang (kedua dari kanan), Sekretaris DPD SPRI Sumut Otti Batu Bara (sebelah kanan), Wakil Bendahara DPD SPRI Sumut Lies Ambar Sari dan Akmal wartawan Sorotlensa.com saat melaksanakan rapat pemantapan pelaksana Kemah Pers Indonesia di Coffee Town Jl. Ngumban Surbakti Medan, Sabtu (28/9/2019) | foto Ist
Dijelaskan Batubara, penetapan waktu pelaksanaan ini disepakati setelah DPD SPRI Sumut mendapat dukungan tertulis dari General Manager (GM) Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BPGKT) yang ditanda tangani Dr Hj Hidayati MSi.

“Kami bangga dengan ide pelaksaan Kemah Pers Indonesia yang kami gagas, karena mendapat sambutan sekaligus dukungan dari Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba yaitu ibu Hidayati selaku GM Geopark Kaldera Toba,” ujar Otti dengan wajah penuh optimis.

Sekretaris DPD SPRI Sumut ini menyebutkan surat dukungan dari GM BPGKT merupakan sebuah penghormatan terhadap pelaksanaan Kemah Pers Indonesia yang digagas SPRI.
Dikatakan Batubara, untuk mewujudkan pelaksanaan Kemah Pers Indonesia di Geosite Kaldera Toba, timnya telah melakukan survei ke Geosite Sipinsur yang akan dijadikan sebagai titik kumpul pelaksanaan KPI, Sabtu (21/9/2019) lalu. Ia mengklaim pelaksanaan KPI akan berlangsung di empat geosite yang masuk dalam kabupaten Humbahas dan kabupaten Tobasa, Sumatera Utara.

Tim KPI saat melakukan survei lokasi pelaksanaan Kemah Pers Indonesia di Taman Sipinsur, Desa Pearung, Kec. Paranginan, Kabupaten Humbahas | foto Ist

“Empat Geosite di dua kabupaten yang kami jadikan sebagai lokasi untuk dikunjungi peserta KPI. Seperti Geosite Muara dan Geosite Taman Eden di Kabupaten Tobasa serta Geosite Bakkara dan Geosite Sipinsur yang keduanya berad di Kabupaten Humbahas,” ungkapnya.

Lomba Karya Tulis dan Api Unggun

Pada Kemah Pers Indonesia ini tim pelaksana juga akan melombakan karya tulis jurnalistik dan foto jurnalistik tentang Geosite Kaldera Toba di empat titik KPI terhadap peserta, yang hasilnya akan dinilai juri profesional di bidang jurnalistik. Peserta terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai dari sponsor dan tropi dan panitia pelaksana.

Pada malam pertama pelaksanaan KPI akan dilakukan pembakaran Api Unggun dan pemutaran film latar belakang terjadinya gempa volcano di gunung toba yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu. (Dev)
Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini