Berikan Wasbang ke Siswa SD Methodist Pantai Cermin, Danramil 08/PC Jelaskan Makna Pancasila

Editor: susilo author photo
Bagikan:
Komentar

PENGAWAL | PANTAI CERMIN - Selama 74 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Pancasila berhasil membuktikan menjadi alat pemersatu bangsa. Untuk itu, Pancasila sebagai ideologi bagi bangsa Indonesia harus terus dipertahankan.

Hal itu dikatakan Babinsa Koramil 08/PC Kodim 0204/DS Sertu MP Simanjuntak saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SD Methodist Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (9/9/2019).

Menurut Sertu MP Simanjuntak, Bangsa Indonesia dengan beragam suku, agama, ras memerlukan tali pengikat untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan. Sehingga tercipta kehidupan yang harmonis di antara sesama masyarakat Indonesia. "Jadi cita-cita, pandangan hidup yang dianggap ideal dan sesuai dengan falsafah bangsa adalah Pancasila," ujarnya.

Pancasila, ujar Sertu MP Simanjuntak, selama ini dianggap sebagai alat pemersatu karena berisi cita-cita dan gambaran tentang nilai-nilai ideal yang akan diwujudkan bangsa Indonesia. "Pancasila melandasi semua kehidupan kenegaraan, berbangsa dan bermasyarakat sehingga fungsi dan kedudukan Pancasila selama ini adalah sebagai alat pemersatu bangsa  yaitu untuk menyatukan semua perbedaan yang ada di Indonesia," terangnya. (Siterdim 0204/DS)
Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini