Pangdam I/BB: Hari Juang TNI AD, Refleksi Kecintaan TNI AD kepada Rakyat

Editor: susilo author photo
Bagikan:
Komentar

PENGAWAL | MEDAN -  Peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2019 yang digelar secara serentak di seluruh jajaran Kotama TNI AD termasuk di Kodam I/Bukit Barisan, menjadi refleksi akan kecintaan TNI AD kepada Rakyat.

Hal ini disampaikan Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah dalam pidato pembukaan kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan dalam rangka Hari Juang TNI AD Tahun 2019 di Lapangan Benteng Medan, Selasa (10/12/2019).

Di hadapan seribuan peserta bakti sosial dan bakti kesehatan, unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan serta tamu maupun undangan lainnya, Pangdam menjelaskan, acara ini juga merupakan refleksi sinergitas TNI-Polri dalam memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, selaku Pangdam I/Bukit Barisan dan pribadi, izinkan saya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Gubernur beserta segenap unsur Forkopimda Provinsi Sumatera Utara dan segenap undangan yang telah meluangkan waktu untuk hadir pada acara ini," ucap Mayjen Fadhilah.


Dijelaskan Mayjen Fadhilah, rangkaian peringatan Hari Juang TNI AD ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI AD mulai 1 Desember sampai dengan puncak peringatan pada 17 Desember 2019 yang akan datang.

Untuk diketahui, bahwa peringatan Hari Juang TNI AD dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD, yaitu pertempuran Ambarawa yang merupakan refleksi peran serta TNI AD kepada bangsa dan negara dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Melalui peringatan Hari Juang TNI AD, diharapkan dapat memupuk semangat dan jiwa korsa para Prajurit TNI AD dalam meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara, sekaligus mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, karena TNI lahir dari rakyat dan akan terus berjuang bersama rakyat," ucap Mayjen Fadhilah.

Sejalan dengan itu, lanjut mantan Kapuspen TNI ini, peringatan Hari Juang TNI AD juga dapat dijadikan sebagai momentum strategis untuk mengekspresikan diri tentang peran yang diberikan oleh negara dalam mewujudkan TNI AD yang profesional dan dicintai rakyat.   


Kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan ini merupakan sinergi Kodam I/Bukit Barisan dengan Polda Sumut, dan pada hari ini kita melaksanakan donor darah, pengobatan massal, pelayanan KB, pemeriksaan katarak dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

"Hal ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen TNI-Polri dan Pemerintah Daerah serta segenap komponen bangsa lainnya, untuk selalu bersama-sama dalam menghadapi setiap persoalan dan membangun bangsa ini," jelas Mayjen Fadhilah. 

Nilai dan semangat kebersamaan ini, lanjutnya, memiliki makna yang sangat berharga. Oleh karenanya harus kita pelihara dan kita lestarikan, sebagaimana tema pada peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2019, yakni 'TNI AD Adalah Kita' yang mengandung makna bahwa TNI AD akan selalu ada dan akan terus berjuang demi bangsa dan negara tercinta.

"Berkaitan dengan kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan dalam rangka peringatan Hari Juang TNI AD tahun 2019 ini, atas nama Keluarga Besar Kodam I/Bukit Barisan, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Gubernur Sumut, Kapolda Sumut, Danlantamal I Belawan, Pangkosekhanudnas III, Ketua Yayasan Walubi, Ketua Yayasan Smile Train dan semua pihak, atas dukungan dan partisipasinya, sehingga kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan ini dapat terselenggara dengan lancar, tertib dan aman," pungkas Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah.


Usai memberi sambutan, Pangdam didampingi Ketua Persit KCK PD I/BB, Ny Trisasanti MS Fadhilah dan unsur Forkopimda melakukan penyerahan 40 kursi roda kepada warga, peninjauan operasi bibir sumbing, operasi katarak, pelayanan KB Kesehatan, sunnat massal dan pemeriksaan kesehatan secara umum.

Tampak hadir di acara, antara lain Gubsu diwakili Kadis Sosial Rajali, SSos, Kapolda Sumut (diwakili), Danlantamal I Belawan (diwakili), Pangkosekhanudnas III (diwakili), Plt Wali Kota Medan, Irdam, Staf Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam, Dandim 0201/BS, para Danyon BS, Ketua DPRD Medan dan tamu serta undangan lainnya. (Sumber: Pendam I/BB)
Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini