Satgas TMMD ke-106 Kian Semangat Rampungkan Jembatan Sungai Bah Bolon

Editor: susilo author photo
Bagikan:
Komentar

PENGAWAL | SIPISPIS – Semangat para personel Satgas TMMD ke-106 Kodim 0204/DS untuk merampungkan jembatan Sungai Bah Bolon yang akan menghubungkan Desa Sampang Buah dengan Silau Padang semakin tinggi. Tak heran, progres pembangunan jembatan terus meningkat.

Proses pembangunan yang selama ini merampungkan pondasi ketiga, Kamis (10/10/2019) kini beralih ke penyambungan besi UNP kanal H. Penyambungan besi ini pun dikebut, namun dengan kecermatan tinggi.

“Hari ini kegiatan pengelasan besi H untuk tulang pondasi jembatan sudah mulai di las. Sejumlah personil kita libatkan untuk ikut membantu tukang sebagai tenaga ahli agar pekerjaan cepat selesai,” ucap Dansatgas, Letkol Kav Syamsul Arifin, SE, MTr (Han) melalui Perwira Pengawas (Pawas) TMMD 106 Kodim 0204/DS, Kapten Inf Bosten Lumbanraja dari lokasi.

Dijelaskan Danramil 15/Sipispis ini lagi, pengerjaan jembatan dengan ukuran panjang 40 meter, lebar 3 meter dan tinggi 12 meter dari dasar Sei Bah Bolon, nantinya akan menghubungkan dua desa, yakni Desa Silau Padang dan Desa Sampang Buah.

Selama ini, kedua desa itu hanya dihubungkan sebuah jembatan gantung selebar 1,5 meter. Jembatan yang sudah cukup lama dibangun itu, pun hanya bisa dilewati sepeda motor.

“Jika berpapasan, terpaksa salah satu pengendara harus mengalah. Namun, bila jembatan permanen ini sudah rampung, truk bertonase berat kita pastikan bisa melintasinya,” ungkap Kapten Lumbanraja.

Di samping pembangunan jembatan, Satgas TMMD 106 Kodim 0204/DS juga mengerjakan sasaran fisik lainnya. Yakni pembukaan badan jalan sepanjang 1000 meter. Badan jalan yang dibuka ini membelah perkebunan sawit dan menjorok ke dalam tanah sedalam 5-7 meter.

Selain itu, sasaran fisik lainnya adalah perehaban dua unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dimiliki nenek Horaimin br Damanik (80), warga Dusun 2, Desa Pispis Kampung, dan Sarwanto (47), warga Dusun 5, Desa Pispis Kampung.
“Pembangunan dua RTLH ini dikerjakan dengan menerapkan konstruksi tahan bencana, seperti puting beliung atau gempa kekuatan sedang,” tambah Kapten Lumbanraja.

Di luar sasaran fisik, TMMD 106 Kodim 0204/DS juga melaksanakan kegiatan non fisik, dengan sasaran kegiatan berupa penyuluhan-penyuluhan. Mulai dari bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, teknologi pertanian, sadar hukum, bahaya narkoba dan lainnya. (sus)
Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini