Semprotkan Disinfektan, Forkopimcam Batang Serangan Rangkul Pemuda Pancasila

Editor: Tim Redaksi author photo
Bagikan:
Komentar
Forkopimcam dan PAC PP Batang Serangan semprotkan disinfektan di seputaran Pajak Batang Serangan.

PENGAWAL | BATANGSERANGAN - Untuk sekian kalinya, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Batang Serangan melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah administratif Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Selasa (31/3/2020) sekira jam 10.30 WIB.

Kali ini, Forkopimcam Batang Serangan merangkul PAC Pemuda Pancasila (PP) dan Anak Ranting PP Batang Serangan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seputaran Pajak Batang Serangan di Kelurahan Batang Serangan.

Seorang pedagang yang mengaku bernama Sudi, sangat merasa senang dengan kegiatan itu. Dirinya berharap agar penyemprotan sering dilakukan. "Pajak ini kan tempat transaksi banyak orang, jadi harus sesering mungkin disterilkan," harapnya.

Camat Batang Serangan, Arie Ramadhany SIP mengatakan, kegiatan serupa sudah 5 kali dilakukan di wilayah administratifnya. "Alhamdulillah animo masyarakat sangat antusias dalam pencegahan Covid-19 ini. Kita juga melakukan sosialisai agar masyarakat secara mandiri melakukan penyeprotan disinfektan," imbuhnya.


Arie menambahkan, untuk membuat disinfektan sendiri, selain murah, bahan untuk membuat disinfektan juga mudah didapat di pasaran. Untuk membuatnya, hanya butuh 1 bagian kaporit yang dicampur 9 bagian air.

Selain pajak Batang Serangan, tempat-tempat umum lainnya seperti Bank, swalayan, dan rumah ibadah juga tak luput dari penyemprotan dan sosialisasi sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut.

"Kami sudah melakukan sosialisasi door to door kepada masyatakat, serta memasang baliho, spanduk-spanduk, brosur dan himbauan dari Kapolri. Saya berharap agar masyarakat berdiam diri di ruamah, selalu jaga kebersihan dan hindari beraktifitas di luar rumah," harapnya.

Hingga saat ini, sedikitnya ada 7 orang dalam pengawasan (ODP) dari Kecamatan Batang Serangan yang datang dari luar daerah sudah diisolasi dan dikirim ke Gedung PKK Langkat. "Ada 5 warga yang diisolasi di rumah, yakni warga Sei Bamban, Kwala Musam, Karya Jadi dan Namo Sialang," tandasya.


Dikesempatan yang sama, Ketua PAC PP Batang Serangan Elpius Sembiring yang diwakili Sekretarisnya Santa Veronika Sembiring mengatakan, keterlibatan ormasnya dalam kegiatan tersebut berdasarkan undangan yang disampaikan Forkopimcam Batang Serangan dan dirasakan sudah cukup efektif.

Kedepannya, akan ada program penyemprotan rumah ibadah dan fasiliyas kesehatan seperti puskesmas dan fasilitas umum lainnya. "Insya Allah, dalam minggu ini, tepatnya Jum'at (3/4) nanti kita akan lakukan penyemprotan di fasilitas umum," beber Santa Veronika Sembiring.

Dirinya menambahkan, agar kegitan serupa tidak hanya sekadar melakukan penyemprotan, namun lebih baik lagi bila disertai dengan pembagian masker atau sembako. "Semoga pihak kecamatan, khususnya Pemkab Langkat agar bisa mendistribusikan bantuan jika terjadi lockdown, sehingga masyarakat kurang mampu bisa lebih terbantu," sambungnya.

Disamping itu, jika diberlakukannya lockdown, dirinya juga berharap agar objek vital tidak ditutup. "Kalau bisa, pajak dan apotik jangan ditutup, karena objek itu sangat dibutuhkan masyarakat," pungkasnya.

Selain Camat Batang Serangan, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Ranting PP Batang Serangan Afid dan Sekretarisnya Wahyu Zar, Bhabinsa, Bhabin Kamtibmas, Lurah Batang Serangan Marliandi SE, serta tiga orang pegawai Puskesmas Sei Bamban. (Ahmad)
Baca Juga
Bagikan:
Pengawal.id:
Berita Terkini
Komentar

Terkini